Membentuk Mahasiswa Yang Berkarakter Tanpa Narkoba di Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Bala Putra Dewa Palembang

  • M. Yogi Dwi Nalapraya STIA Bala Putra Dewa Palembang
  • Jumroh STIA Bala Putra Dewa Palembang
  • M. Yoga Jusri Pratama STIA Bala Putra Dewa Palembang
Keywords: pendidikan karakter, mahasiswa, narkoba, penyuluhan, pengabdian masyarakat

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan sebagai respons terhadap meningkatnya penyalahgunaan narkoba di kalangan mahasiswa, khususnya di lingkungan Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Bala Putra Dewa Palembang. Tujuan utama kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kesadaran, pengetahuan, dan ketahanan karakter generasi muda terhadap bahaya narkotika dan zat adiktif lainnya (NAPZA), serta membentuk mahasiswa yang berkarakter kuat, bermoral, dan bebas dari narkoba. Metode pelaksanaan kegiatan ini dilakukan melalui pendekatan edukatif dan partisipatif yang mencakup ceramah, diskusi interaktif, dan analisis kasus. Materi yang disampaikan meliputi tiga topik utama: (1) Generasi Muda dan Budaya Karakter Bangsa, (2) Pendidikan Moral dan Permasalahannya, dan (3) Penggunaan Narkoba dan Akibat Hukumnya. Kegiatan juga dilengkapi dengan sesi refleksi dan pemutaran tayangan visual untuk memperkuat pemahaman peserta. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa mahasiswa memperoleh peningkatan pengetahuan yang signifikan mengenai bahaya narkoba, memahami dampak moral dan hukum yang ditimbulkan, serta menunjukkan komitmen lebih kuat untuk menjadi pelopor perubahan di lingkungan kampus. Dengan demikian, kegiatan ini tidak hanya berhasil membentuk kesadaran kolektif, tetapi juga mendorong partisipasi aktif mahasiswa dalam menciptakan lingkungan akademik yang sehat, aman, dan bebas dari narkoba.

References

Ajzen, I. (2020). The Theory of Planned Behavior: Frequently Asked Questions. Human Behavior and Emerging Technologies.

Arthur, J., Harrison, T., & Kristjánsson, K. (2022). Character Education in Universities: A Framework for Flourishing. Routledge.

CASEL. (2023). Social and Emotional Learning Framework. Tersedia di: www.casel.org

Cranton, P. (2022). Understanding and Promoting Transformative Learning. Stylus Publishing.

Fosnot, C. T. (2020). Constructivism: Theory, Perspectives, and Practice. Teachers College Press.

Goldson, B. & Muncie, J. (2023). Youth Crime and Justice. SAGE Publications.

Immordino-Yang, M. H. (2022). Emotions, Learning, and the Brain: Exploring the Educational Implications of Affective Neuroscience. Norton.

Jubilee Centre for Character and Virtues. (2021). Framework for Character Education in Schools. University of Birmingham.

Kemendiknas. (2010). Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa Pedoman Sekolah. Jakarta.

Kohlberg, L. (1981). The Philosophy of Moral Development. Harper & Row.

Lickona, T. (2021). Educating for Character: How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility. Bantam Books.

Mahfud, C. (2011). Pendidikan Multi Kultur. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Martono, L. H. (2006). Membantu Pemulihan Pecandu Narkoba dan Keluarganya. Jakarta: Balai Pustaka.

Marviana, dkk. (2000). Narkoba dan Remaja. Jakarta: Gramedia.

Mezirow, J. (1997). Transformative Learning: Theory to Practice. New Directions for Adult and Continuing Education.

Noddings, N. (2021). Caring: A Relational Approach to Ethics and Moral Education. University of California Press.

Rodiyah, S. (1996). Pendidikan Generasi Muda. Surabaya: SIC Surabaya.

Rosenstock, I. M. (1974). Historical Origins of the Health Belief Model. Health Education Monographs.

Tjahyono, S. (2024). Sosialisasi Kinerja To Campus 2024, bertema “Mewujudkan Generasi Muda Sehat Tanpa Narkoba”, Mahasiswa Universitas Pancasila (UP), Jakarta Selatan, Selasa (15/10/2024).

Turiel, E. (2022). The Development of Morality. Cambridge University Press.

Vygotsky, L. S. (1978). Mind in Society. Harvard University Press.

Watts, R. J., et al. (2023). Youth Civic Engagement and Social Change. Annual Review of Psychology.
Published
2025-08-05
How to Cite
M. Yogi Dwi Nalapraya, Jumroh, & M. Yoga Jusri Pratama. (2025). Membentuk Mahasiswa Yang Berkarakter Tanpa Narkoba di Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Bala Putra Dewa Palembang. Jurnal Pengabdian Pasca Unisti (JURDIANPASTI), 3(2), 113-126. https://doi.org/10.48093/jurdianpasti.v3i2.324