Penguatan Nilai-Nilai Kepemimpinan Pancasila dan Nasionalisme Bagi ASN Melalui Kegiatan Sosialisasi Oleh Dosen Pascasarjana Universitas Sjakhyakirti di BPSDMD Provinsi Sumatera Selatan

  • Edwar Juliartha Program Studi Magister Administrasi Publik Pascasarjana Universitas Sjakhyakirti Palembang
  • Suandi Program Studi Magister Administrasi Publik Pascasarjana Universitas Sjakhyakirti Palembang
  • Firdaus Fakih Program Studi Magister Administrasi Publik Pascasarjana Universitas Sjakhyakirti Palembang
  • Yuliana Program Studi Magister Administrasi Publik Pascasarjana Universitas Sjakhyakirti Palembang
  • Susi Lawati Program Studi Magister Administrasi Publik Pascasarjana Universitas Sjakhyakirti Palembang
Keywords: Pancasila, nasionalisme, ASN, kepemimpinan publik, nilai birokrasi

Abstract

Kegiatan sosialisasi ini bertujuan untuk memperkuat nilai-nilai kepemimpinan berbasis Pancasila dan nasionalisme di kalangan Aparatur Sipil Negara (ASN), khususnya peserta Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) Angkatan II Tahun 2025 di Provinsi Sumatera Selatan. Sosialisasi ini dirancang untuk menanamkan kesadaran ideologis dan etis dalam praktik birokrasi, mengingat pentingnya peran ASN dalam menjaga integritas dan stabilitas pelayanan publik. Metode pelaksanaan kegiatan menggunakan pendekatan partisipatif dan interaktif, yang terdiri atas ceramah ilmiah oleh dosen Pascasarjana Universitas Sjakhyakirti, diskusi kelompok terfokus (FGD), serta refleksi dan penyusunan rencana tindak lanjut (action plan) oleh peserta. Peserta kegiatan berjumlah 40 ASN dari berbagai perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Sumatera Selatan, yang menunjukkan keragaman latar belakang birokrasi dan pengalaman kerja. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa peserta mengalami peningkatan pemahaman terhadap nilai-nilai dasar Pancasila dan nasionalisme sebagai pedoman kepemimpinan birokrasi. Mereka juga menunjukkan komitmen implementatif dalam menerapkan nilai-nilai tersebut dalam lingkungan kerja. Kegiatan ini disimpulkan sebagai bentuk pembelajaran yang efektif dalam menumbuhkan integritas ASN dan membumikan nilai kebangsaan melalui pendekatan edukatif, reflektif, dan kontekstual.

References

Bass, B. M., & Avolio, B. J. (1994). Improving Organizational Effectiveness Through Transformational Leadership. Sage Publications.
Bozeman, B., & Johnson, J. (2015). The political economy of public values. Public Administration Review, 75(1), 43–52.
Brookfield, S. D. (2013). Teaching for Critical Thinking. San Francisco: Jossey-Bass.
Fox, J., & Miller-Idriss, C. (2008). Everyday nationhood. Ethnicities, 8(4), 536–563.
Goode, J. P., & Stroup, D. R. (2015). Everyday nationalism in unsettled times. Europe-Asia Studies, 67(3), 477–500.
Huberts, L. W. J. C. (2018). Integrity: What it is and why it is important. Public Integrity, 20(S1), S18–S32.
Kementerian PANRB. (2020). Roadmap Reformasi Birokrasi 2020–2024. Jakarta.
Lembaga Administrasi Negara (LAN). (2023). Modul Pelatihan Kepemimpinan Administrator. LAN Press.
Osborne, S. P. (2010). The New Public Governance? Emerging Perspectives on the Theory and Practice of Public Governance. Routledge.
Pusat Studi Pancasila UGM. (2021). Pancasila sebagai Ideologi dan Nilai Kehidupan Berbangsa. UGM Press.
Stoker, G., & Evans, M. (2016). Political–administrative relations in a changing state. Governance, 29(1), 1–7.
Thacher, D., & Rein, M. (2004). Managing value conflict in public policy. Governance, 17(4), 457–486.
Van Wart, M. (2014). Administrative leadership theory: A reassessment after 10 years. Public Administration, 92(1), 1–20.
Zepke, N. (2017). Student engagement in neo-liberal times: What is missing? Higher Education Research & Development, 36(2), 433–446.
Published
2025-08-04
How to Cite
Edwar Juliartha, Suandi, Firdaus Fakih, Yuliana, & Susi Lawati. (2025). Penguatan Nilai-Nilai Kepemimpinan Pancasila dan Nasionalisme Bagi ASN Melalui Kegiatan Sosialisasi Oleh Dosen Pascasarjana Universitas Sjakhyakirti di BPSDMD Provinsi Sumatera Selatan. Jurnal Pengabdian Pasca Unisti (JURDIANPASTI), 3(2), 103-112. https://doi.org/10.48093/jurdianpasti.v3i2.321