Sosialisasi Keamanan Pangan Segar Asal Hewan pada Pelatihan SPPI Batch 3 di Kabupaten OKU
Abstract
Keamanan pangan asal hewan merupakan faktor penting dalam upaya menjaga kesehatan masyarakat, mengingat produk seperti daging, susu, dan telur sangat rentan terhadap kontaminasi biologis, kimia, maupun fisik. Namun, pemahaman masyarakat terhadap risiko ini masih bervariasi dan sering kali terbatas. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran peserta Sekolah Pemuda Pelopor Indonesia (SPPI) Batch 3 tentang pengelolaan pangan hewani yang aman, sehat, dan bertanggung jawab. Metode pelaksanaan dilakukan secara edukatif dan partisipatif, melalui ceramah, diskusi interaktif, pemutaran video edukatif, serta simulasi praktik pengolahan daging segar. Materi yang disampaikan meliputi prinsip dasar keamanan pangan, risiko dan pencegahan zoonosis, standar higiene dan sanitasi, serta teknik penyimpanan dan pengolahan yang tepat. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa 90% peserta mengalami peningkatan pemahaman secara signifikan. Mereka mampu mengidentifikasi bahaya pangan, memahami standar penanganan yang benar, dan menunjukkan komitmen untuk menerapkan serta menyebarkan pengetahuan tersebut di komunitasnya. Kegiatan ini terbukti efektif dalam membentuk pemuda sebagai agen perubahan dalam membangun budaya pangan aman dan menjaga kesehatan masyarakat.
References
Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan. (2021). Panduan Keamanan Pangan Asal Hewan. Kementerian Pertanian RI.
FAO/WHO. (2009). Codex Alimentarius: General Principles of Food Hygiene. Rome: FAO.
FAO, OIE, WHO. (2019). A Tripartite Guide to Addressing Zoonotic Diseases in Countries Using a One Health Approach.
Gibbs, E. P. J. (2014). The evolution of One Health: A decade of progress and challenges for the future. Veterinary Record, 174(4), 85–91.
Glanz, K., Rimer, B. K., & Viswanath, K. (2008). Health Behavior and Health Education: Theory, Research, and Practice (4th ed.). Jossey-Bass.
Knowles, M. S. (1980). The Modern Practice of Adult Education: From Pedagogy to Andragogy. Chicago: Follett.
Kolb, D. A. (1984). Experiential Learning: Experience as the Source of Learning and Development. Prentice Hall.
Lestari, D., & Suryani, T. (2023). Edukasi keamanan pangan pada masyarakat pedesaan. Jurnal Ketahanan Pangan Indonesia, 5(2), 45–54.
Mortimore, S., & Wallace, C. (2013). HACCP: A Practical Approach (3rd ed.). Springer.
Nugroho, H. (2021). Kesadaran konsumen terhadap keamanan pangan asal hewan di perkotaan. Jurnal Peternakan dan Kesehatan Masyarakat, 9(1), 22–30.
Rogers, E. M. (2003). Diffusion of Innovations (5th ed.). Free Press.
WHO. (2006). Five Keys to Safer Food Manual. Geneva: World Health Organization.
WHO. (2020). Food Safety Fact Sheet. https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/food-safety
Copyright (c) 2025 Septina Dwi Kartikasari, Nur Ahmadi, Kuwatno

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright Notice here