Sosialisasi Usaha Telur Asin Sebagai Bagian Makanan Olahan Rumahan

  • Ali Alamsyah Kusumadinata Universitas Djuanda
  • Astrid Sri Wahyuni Sumah Universitas Muhammadiyah Palembang
Keywords: Brand, Pasar, Telur Asin

Abstract

Telur asin merupakan makanan khas tradisonal yang memiliki nilai kecukupan gizi yang baik untuk mensuplai tubuh. Selain memiliki nilai lokalitas juga memberikan nilai ekonomi. Tujuan pengabdian adalah memberikan pengenalan salah satu alternatif pembuatan telur asin dan memberikan penjelasan teknik pemasaran yang dapat digunakan. Metode pengabdian dilakukan dengan penyuluhan berskala kecil dan memberikan ruang praktek bersama.  Hasil pengabdian ini menunjukkan bahwa pemanfaatan alat-alat rumah tangga yang sederhana dapat dimanfaatkan untuk pembuatan telur asin, serta dapat dikembangkan sebagai bagian dari usaha kecil mikro. Permasalahan yang sering terjadi adalah harga telur asin yang tidak menentu stock dan harganya serta minat masyarakat yang kurang dalam menyantap telur asin itu sendiri. Hal ini disebabkan oleh promosi telur asin yang kurang serta penyuluhan gizi telur asin yang kurang dikenal di masyarakat. Oleh karena itu aspek promosi dan dan aspek merk pada telur asin perlu menjadi perhatian serta aspek pemasaran perlu menjadi perhatian bagi produsen pembuat telur asin. Adapub BEP yang dihasilkan dari telur asin mencapai >1 dan R/C yang dihasilkan pun demikian sama >1.  Usaha telur asin memiliki peluang bisnis yang baik sehingga perlu di tata manajemen produksi dan pemasarannya.

Kata Kunci: Brand, Pasar, Telur Asin

Published
2023-09-17
How to Cite
Kusumadinata, A., & Sumah, A. (2023). Sosialisasi Usaha Telur Asin Sebagai Bagian Makanan Olahan Rumahan. Jurnal Pengabdian Pasca Unisti (JURDIANPASTI), 1(2), 93-104. https://doi.org/10.48093/jurdianpasti.v1i2.154