ANALISIS EFISIENSI DAN POLA PEMASARAN KOMODITI JAMBU AIR (Syzygium aqueum) DI KECAMATAN INDRALAYASELATAN KABUPATEN OGAN ILIR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1)Jumlah pola saluran pemasaran jambu air di Kecamatan Indralaya Selatan , 2)Nilai farmers’ share yang diterima petani, nilai margin, biaya pemasaran, dan keuntungan petani dalam pemasaran jambu air di Kecamatan Indralaya Selatan, dan 3)Pola pemasaran efektif yang mana dalam penjualan jambu air di Kecamatan Indralaya Selatan. Metode penelitian ini dilakukan secara survey terhadap petani jambu air yang ada di Kecamatan Indralaya Selatan. Adapun jumlah petani yang dijadikan sampel adalah 30 petani dari 120 anggota populasi petani jambu air dengan cara simple random sampling. Kemudian untuk pedagang diambil 15 orang pedagang dengan metode sensus. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: 1)Terdapat 2 pola saluran pemasaran jambu air di Kecamatan Indralaya Selatan, 2)Farmer’s share pada saluran pemasaran I adalah 81,81%, sedangkan pada saluran pemasaran II adalah 70,00%. Margin pemasaran pada saluran pemasaran I adalah Rp.8.000,-/kg dan pada saluran pemasaran II sebesar Rp. 13.000,- /kg. Biaya pemasaran jambu air di Kecamatan Indralaya Selatan pada saluran pemasaran I adalah sebesar Rp. 1.252,36,-/kg, sedangkan pada saluran pemasaran II sebesar Rp.1.338,46,-/kg. Sedangkan keuntungan pada saluran pemasaran I adalah sebesar Rp. 5.388,11,-/kg dan saluran pemasaran II sebesar Rp. 4.767,48,-/kg. 3)Pola saluran pemasaran jambu air di Kecamatan Indralaya Selatan yang efisien adalah pada saluran pemasaran I, Karena nilai efisiensi pemasarannya 7,36% lebih besar dari saluran pemasaran II sebesar 5,69%.
Copyright (c) 2024 Sri Suryati, Agoes Thony Ak, R.A.Emmy Kurniati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.