ANALISA EFISIENSI SALURAN PEMASARAN GABAH DI KECAMATAN SUMBER MARGA TELANG KABUPATEN BANYUASIN
Abstract
Tujuan penelitian adalah untuk melakukan identifikasi pola saluran pemasaran dan efisiensi sertastruktur pasar gabah petani di Kecamatan Sumber Marga Telang Kabupaten Banyuasin Provinsi Sumatera Selatan. Penelitian menggunakan metode survey pada tiga desa terpilih dengan mewawancarai 45 sampel dari 291 Kelompok tani padi. Metode pengolahan data menggunakan metode deskriptif untuk menganalisis saluran pemasaran dan struktur pasar, sedangkan efisiensi pemasaran dilakukan secara kuantittif dengan model matematis. Pemilihan desa sampel dilakukan secara sengaja dengan mempertimbangkan tiga desa yang paling tinggi produksi padinya. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat dua saluran pemasaran padi di Kecamatan Sumber MargaTelang dengan saluran pemasaran dominan atau 98 persen petani menjual hasil panen ke pedagang pengumpul, kemudian pedagang pengumpul menjual hasil produksi ke pedagang besar, sisanya petani menjual langsung ke pedagang besar. Pedagang besar adalah pengusaha yang mengolah gabah menjadi beras bermerek. Saluran pemasaran yang paling efisien yaitu di Desa Karang Anyar karena memiliki margin pemasaran dan rasio keuntungan paling rendah serta farmer’s share paling tinggi
Copyright (c) 2022 Nur Ahmadi, Dian Utami
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.