ADAPTASI MADRASAH IBTIDAIYAH DALAM KURIKULUM BELAJAR MANDIRI

  • Riantofani Riantofani Fakultas Ilmu Sosial dam Politik, Universitas Iskandar Muda, Banda Aceh
  • Fuady Fuady Fakultas Ilmu Sosial dam Politik, Universitas Iskandar Muda, Banda Aceh
Keywords: Penyesuaian, Adaptasi, Kurikulum Belajar Mandiri

Abstract

Pendidikan di Indonesia mengalaMatrasah Ibtidayahperkembangan signifikan dengan diperkenalkannya Kurikulum Merdeka Belajar, yang bertujuan meningkatkan kompetensi siswa, termasuk komunikasi, kreativitas, kolaborasi, dan berpikir kritis. Kurikulum ini bukan sekedar penggabungan antara Kurikulum 2013 dan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, melainkan pendekatan baru yang dirancang untuk mengatasi tantangan era revolusi industri 4.0. Penelitian ini bertujuan menganalisis adaptasi Madrasah Ibtidaiyah Negeri 8 Aceh Besar terhadap Kurikulum Merdeka Belajar. Menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan studi kasus, data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adaptasi kurikulum ini meningkatkan inovasi dalam metode pengajaran dan keterlibatan siswa, meskipun masih ada tantangan dalam pengawasan kemajuan siswa dan kebutuhan pelatihan guru. Penelitian ini menekankan pentingnya kolaborasi antara guru, siswa, dan orang tua untuk mencapai keberhasilan sinkronisasi. Dengan deMatrasah Ibtidayahkian, Madrasah Ibtidaiyah berpotensi memberikan kontribusi pada peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia, sekaligus mempersiapkan siswa menghadapi tantangan globalisasi. Adaptasi yang efektif terhadap kurikulum baru ini diharapkan dapat menciptakan lingkungan belajar yang lebih responsif dan mendukung perkembangan individu secara holistik.

Published
2025-03-15
How to Cite
Riantofani, R., & Fuady, F. (2025). ADAPTASI MADRASAH IBTIDAIYAH DALAM KURIKULUM BELAJAR MANDIRI. Jurnal Ilmu Administrasi Dan Studi Kebijakan (JIASK), 7(2), 217-228. https://doi.org/10.48093/jiask.v7i2.283