IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DI SEKOLAH DASAR NEGERI 5 BELIDA DARAT KABUPATEN MUARA ENIM
Abstract
Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif bersifat eksploratif. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan data yang dekriptif yang menggambarkan keadaan pelaksanaan manajemen berbasis sekolah di sekolah. Sekolah Dasar Negeri 5 Belida Darat. Data penelitian terdiri atas tiga jenis, yaitu (a)Data wawancara, (b)Data catatan lapangan, dan (c)Data dokumen penetapan informan berdasarkan purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang akan peneliti gunakan yaitu 1) Wawancara, 2) Studi Dokumentasi, 3) Observasi. Adapun proses pengolahan data sebagai berikut: 1) Reduksi Data, 2) Penyajian Data, 3) Menarik Kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian bahwa dari sisi komunikasi didalam pemahaman konsep tentang Manajemen Berbasis Sekolah, Sekolah Dasar Negeri 5 Belida Darat Muara Enim melakukan sosialisasi konsep Manajemen Berbasis Sekolah kepada setiap unsur sekolah yang terdiri dari guru, siswa, wakil kepala sekolah, guru BK, karyawan, orang tua siswa, komite sekolah, dinas pendidikan kota, melalui berbagai mekanisme. Dari sisi sumberdaya, sekolah sebagaimana tersirat di dalam rumusan visi, misi, tujuan serta pengelolaan sekolah, Sekolah Dasar Negeri 5 Belida Darat Muara Enim berusaha menuju kepada visi dan misi sekolah tersebut sehingga dapat meningkatkan mutu belajar siswa dalam perolehan prestasi akademik dan non akademik baik tingkat kota, provinsi bahkan nasional. Dari sisi disposisi dan struktur birokrasi dalam pelaksanaan program peningkatan mutu belajar siswa pada Sekolah Dasar Negeri 5 Belida Darat Muara Enim didukung oleh seluruh warga sekolah.
Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmu Administrasi dan Studi Kebijakan (JIASK)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).