KUALITAS PELAYANAN PADA SATUAN RESERSE KRIMINAL DALAM MENANGANI PELAPORAN KASUS PENCURIAN KENDARAAN MOTOR DI POLSEK SUNGSANG

  • Adrianus Setianata Lubis POLRI
  • Budi Hartono Sutrisno POLRI
  • Yuli Margareta POLRI
  • Muhammad Yakin Rusdi POLRI
  • Suci Darma POLRI
Keywords: Kualitas, Pelayanan, Pelaporan Kasus Pencurian

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan pada Satuan Reserse Kriminal dalam menangani pelaporan kasus pencurian sepeda motor di Polsek Sungsang dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data ada 2 yaitu data primer dan sekunder. Penetapan informan menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan studi dokumen.  Teknik analisis data menggunakan (1) pengumbulan data, (2) reduksi data, (3) penyajian data, (4) Penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dalam dimensi tangible penampilan petugas dalam melayani pengguna layanan, kemudahan dalam proses pelayanan, kedisiplinan petugas dalam melayani pengguna layanan, dan penggunaan alat bantu dalam pelayanan. Dalam dimensi realibilitas, kecermatan petugas dalam melayani pengguna layanan, memiliki standar pelayanan yang jelas, dan keahlian petugas menggunakan alat bantu pelayanan. Dalam dimensi responsiveness, petugas merespon setiap pengguna layanan yang ingin mendapatkan pelayanan, dan semua keluhan pelanggan direspon oleh petugas. Dalam dimensi assurance petugas memberikan jaminan biaya dalam pelayanan dan dalam dimensi emphaty petugas melayani dengan sikap ramah dan sopan santun, melayani dengan tidak diskriminasi, dan melayani dan menghargai setiap pelanggan.

Published
2023-09-15
How to Cite
Lubis, A., Sutrisno, B., Margareta, Y., Rusdi, M., & Darma, S. (2023). KUALITAS PELAYANAN PADA SATUAN RESERSE KRIMINAL DALAM MENANGANI PELAPORAN KASUS PENCURIAN KENDARAAN MOTOR DI POLSEK SUNGSANG. Jurnal Ilmu Administrasi Dan Studi Kebijakan (JIASK), 6(1), 67-80. https://doi.org/10.48093/jiask.v6i1.161