KUALITAS PELAYANAN PADA SATUAN RESERSE KRIMINAL DALAM MENANGANI PELAPORAN KASUS PENCURIAN KENDARAAN MOTOR DI POLSEK SUNGSANG
Abstract
Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan pada Satuan Reserse Kriminal dalam menangani pelaporan kasus pencurian sepeda motor di Polsek Sungsang dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data ada 2 yaitu data primer dan sekunder. Penetapan informan menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan studi dokumen. Teknik analisis data menggunakan (1) pengumbulan data, (2) reduksi data, (3) penyajian data, (4) Penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dalam dimensi tangible penampilan petugas dalam melayani pengguna layanan, kemudahan dalam proses pelayanan, kedisiplinan petugas dalam melayani pengguna layanan, dan penggunaan alat bantu dalam pelayanan. Dalam dimensi realibilitas, kecermatan petugas dalam melayani pengguna layanan, memiliki standar pelayanan yang jelas, dan keahlian petugas menggunakan alat bantu pelayanan. Dalam dimensi responsiveness, petugas merespon setiap pengguna layanan yang ingin mendapatkan pelayanan, dan semua keluhan pelanggan direspon oleh petugas. Dalam dimensi assurance petugas memberikan jaminan biaya dalam pelayanan dan dalam dimensi emphaty petugas melayani dengan sikap ramah dan sopan santun, melayani dengan tidak diskriminasi, dan melayani dan menghargai setiap pelanggan.
Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmu Administrasi dan Studi Kebijakan (JIASK)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).