KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN BAGI PASIEN PENGGUNA KARTU BPJS (Studi Penelitian pada Puskesmas Sukabumi Kecamatan Buay Bahuga Way Kanan Lampung)

  • Hambali Hambali UPT Puskesmas Sukabumi Kec. Buay Bahuga
  • Zainal Abidin Rumah Sakit Khusus Paru Palembang
  • Hasril Hamsyah Rumah Sakit Siti Khodijah Kota Palembang
  • Kholifaturrachman Kholifaturrachman Perwakilan BKKBN Prov Sumsel
  • Desi Yulita dinas pengendalian penduduk dan keluarga berencana kota palembang
Keywords: Kualitas, Pelayanan, Kesehatan

Abstract

Desain penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Dalam penelitian ini peneliti memfokuskan pada pengamatan jalannya kualitas pelayanan kesehatan bagi pasien pengguna kartu BPJS di Puskesmas Sukabumi Kecamatan Buay Bahuga Way Kanan Lampung. Penentuan informan menggunakan teknik purposive. Sumber data penelitian ini ada 2 macam yaitu data primer dan data sekunder. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa kualitas pelayanan kesehatan bagi pasien pengguna Kartu BPJS di  Puskesmas Sukabumi berdasarkan, reabilitas, daya tanggap, jaminan, empati belum berjalan dengan baik. Tidak berjalannya dengan baik aspek – aspek kualitas pelayanan terlihat dari Tangibels/ tampilan fisik, ketersediaan fasilitas fisik dan peralatan belum memberikan kenyamanan bagi pasien yang dilayani; Reliability, tentang kesesuaian pelayanan yang diberikan dengan yang diinformasikan dijadwalkan belum konsisten, standar pelayanan administrasi pencatatan masih berbelit-belit; Responsivness/Daya tanggap, pelayanan kesehatan bagi pasien pengguna Kartu BPJS  belum dapat dilakukan secara cepat sesuai dengan kebutuhan dan harapan pasien. Kesabaran dan keramah-tamahan perawat belum baik; Empaty/Empati dokter dan perawat kurang memahami dan memperhatikan perasaan pasien yang dilayani. Perawat dan dokter dalam melayani pasien belum mencerminkan sikap yang tulus, serta kurang konsisten terhadap kesesuian dan ketepatan waktu melayani pasien  pengguna Kartu BPJS.

Published
2023-03-21
How to Cite
Hambali, H., Abidin, Z., Hamsyah, H., Kholifaturrachman, K., & Yulita, D. (2023). KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN BAGI PASIEN PENGGUNA KARTU BPJS (Studi Penelitian pada Puskesmas Sukabumi Kecamatan Buay Bahuga Way Kanan Lampung). Jurnal Ilmu Administrasi Dan Studi Kebijakan (JIASK), 5(2), 207-220. https://doi.org/10.48093/jiask.v5i2.138