ANALISIS KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP PESERTA BPJS KESEHATAN DI RUMAH SAKIT ISLAM AR-RASYID PALEMBANG

  • Amir Mahmud Fakultas Ilmu Administrasi Negara, Universitas Sjakhyakirti Palembang
Keywords: Kepuasan pasien, kualitas pelayanan, peserta BPJS kesehatan,rumah sakit

Abstract

Indikator keberhasilan BPJS kesehatan adalah kepuasan masyarakat yang dinilai dari pelayanan rumah sakit, tetapi beberapa tahun terakhir kepuasan peserta cenderung rendah. Studi Pendahuluan di Rumah Sakit Islam  Ar-Rasyid Palembang menyatakan bahwa pasien peserta  BPJS Kesehatan merasa belum puas terhadap pelayanan yang diberikan. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien rawat inap peserta  BPJS Kesehatan berdasarkan 5 dimensi kualitas pelayanan  kesehatan. Jenis penelitian ini adalah analitik kuantitatif dengan rancangan cross sectional. Sampel penelitian berjumlah 73 pasien peserta BPJS Kesehatan yang dipilih dengan metode proportional sampling. Dianalisis menggunakan Chi Square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata pasien peserta  BPJS Kesehatan (54,8%) merasakan puas dengan pelayanan yang diberikan. Sedangkan hasil uji Chi Square menunjukkan nilai p value antara tangible (0,003), reliability (0,000), responsiveness (0,000), assurance (0,000), empathy (0,000), dimana terdapat hubungan yang signifikan antara kelima dimensi mutu dengan kepuasan pasien. Dari komponen pada kelima dimensi mutu terdapat beberapa hal yang masih belum berjalan maksimal diantaranya adalah  fasilitas yang belum maksimal seperti WC, estimasi waktu tunggu yang belum konsisten, komunikasi mengenai informasi kesehatan antara petugas kesehatan dan pasien yang belum baik, dan kurangnya waktu untuk berkonsultasi dengan dokter. Untuk mempertahankan kualitas pelayanan diharapkan Rumah Sakit Islam  Ar-Rasyid Palembang dapat melakukan perbaikan, peningkatan dan pengembangan sarana fisik. Bagi tenaga medis dan non-medis untuk lebih meningkatkan kualitas pelayanan baik dari segi kehandalan (reliability), ketanggapan (responsiveness), jaminan (assurance) dan perhatian (empathy).

Published
2022-09-17
How to Cite
Mahmud, A. (2022). ANALISIS KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP PESERTA BPJS KESEHATAN DI RUMAH SAKIT ISLAM AR-RASYID PALEMBANG. Jurnal Ilmu Administrasi Dan Studi Kebijakan (JIASK), 5(1), 23-36. https://doi.org/10.48093/jiask.v5i1.105