Efektivitas Pelaksanaan Program Sekolah Gratis di Kota Palembang Provinsi Sumatera Selatan (Studi di SMA Negeri 16 Lebak Murni Kota Palembang)

  • Emmy Deseri Badan Pengembangan SDM Daerah
Keywords: Efektivitas, Sekolah Gratis

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk Mendiskripsikan serta mengkaji peran pemerintah kota Palembang dalam melaksanakan program sekolah gratis di SMA Negeri 16 Lebak Murni Kota Palembang, Mendiskripsikan serta mengkaji kendala kendala yang dihadapi pemerintah kota palembang dalam melaksanakan program sekolah gratis di SMA Negeri 16 Lebak Murni Kota Palembang. Dalam rangka memperolehilmu,khususnya Ilmu Administrasi Publik.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Adapun tempat penelitian ini dilakukan di sekolah- sekolah yang terdapat di kota Palembang khususya di SMA Negeri 16 Lebak Murni. Penelitian ini membahas tentang efektivitas pelaksanaan sekolah gratis dikota Palembang. Hasil penelitian  ini antara lain Belum efektifnya pelaksanaan Permedagri nomor 13 Tahun 2006 yang dirasakan mekanismenya berbelit. Belum efektifnya Standar Pelayanan Minimum di SMA Negeri 16 Palembang. Belum efektifnya Penyediaan sarana dan prasarana pendidikan di SMA Negeri 16 Palembang. Belum efektifnya pengembangan dan pembinaan berkala dari Tim Provinsi ke kabupaten/Kota serta Tim Kabupaten/Kota ke tim Manajemen Sekolah ke sekolah SMANegeri 16 Palembang. Belum efektifnya pengawasan ke SMA Negeri 16 Palembang tentang penggunaan sekolah gratis. Belum efektifnya sangsi yang tegas pada kabupaten Kota yang tidak melaksanakan MOU dana Sharing dengan Kabupaten dan belum satu formnya sekolah sekolah sehingga masih ada sekola yang menolak program sekolah gratis yang di programkan pemerintah provinsi.

 

Jurnal JIASK Emmy Deseri  Vol 1 No 1 2018
Published
2018-09-28
How to Cite
Deseri, E. (2018). Efektivitas Pelaksanaan Program Sekolah Gratis di Kota Palembang Provinsi Sumatera Selatan (Studi di SMA Negeri 16 Lebak Murni Kota Palembang). Journal PPS UNISTI, 1(1), 66-77. Retrieved from http://ejournal.pps-unisti.ac.id/index.php/JIASK/article/view/6