Manajemen Pondok Pesantren dalam Pendidikan Moral Masyarakat (Studi Kasus di Pesantren Radhatul Ulum Sakatiga)

  • Suhaila Suhaila Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia
Keywords: Manajemen Pondok Pesantren, Pendidikan Moral, Masyarakat

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan manajemen pondok pesantren dalam pendidikan moral masyarakat yang fokus kajiannya adalah di pondok pesantren Raudiatul Muta’allimin di Lingkungan Masyarakat Desa Sakatiga. Tujuannya adalah untuk mengetahui: pertama, jenis nilai-nilai moral yang diajarkan pesantren Raudiatul Muta’allim di Lingkungan Desa Seda Rembang, Ketiga, bentuk penanaman moral pesantren Raudhatul Ulum di lingkungan desa Sedang Rembang, Keempat, hambatan penanaman moral pesantren Raudiatull Muta’allim di lingkungan desa Sedan Rembang, kelima, evaluasi dan upaya mengatasi hambatan pesantren Raudhatul Ulumdi lingkungan desa Sedan Rembang. Sedangkan hasil dari penelitian jni adalah : 1) Terdapat dua nilai moral yang diiajarkan pesantren Raudhatul Ulum, yaitu moral agama dan sosial, nilai sosial, 2) Teknik penanaman moral tersebut dengan berinterajsi secara langsung dengan masyarakat di lingkungan desa Sedan Rembang, 3) Pendidikan moral pesantren Raudhatul Ulum dengan cara menyelenggarakan pengajian baik umum maupun khusus, dan melakukan berbagai kegiatan sosial, 4) Hambatannya adalah kurang adanya singkronisasi jadwal kegiatan dengan jam-ja kerja secara rutin di lingkungan masyarakat, dan 5) evaluasi dan upaya mengatasi hambatan adalah melakukan pendekatan secara intens kepada warga masyarakat di lingkungan sekitar pesantren dengan cara melakukan perubahan jadwal kegiatan dengan hari-hari libur kerja, kemudian tersosialisasi secara baik.

 

Jurnal JIASK Suhaila Vol 2 No 1 2019
Published
2019-09-16
How to Cite
Suhaila, S. (2019). Manajemen Pondok Pesantren dalam Pendidikan Moral Masyarakat (Studi Kasus di Pesantren Radhatul Ulum Sakatiga). Journal PPS UNISTI, 2(1), 49-54. Retrieved from http://ejournal.pps-unisti.ac.id/index.php/JIASK/article/view/19